KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Kode-Mata
Uji : 05-MATEMATIKA
Kelompok : Teknologi.
Kurikulum : K-13
Jumlah
Soal : 40
Bentuk
Soal : 35 Pilihan ganda dan 5 uraian
Tahun
Pelajaran : 2019/2020
NO
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
No
|
Indikator
|
Level
|
1
|
Menerapkan
konsep bilangan berpangkat, bentuk
akar dan logaritma dalam menyelesaikan masalah
|
Eksponen, Bentuk Akar dan Logaritma
|
1
|
Siswa
dapat menyederhanakan hasil operasi bilangan pangkat berdasar sifat-sifatnya dengan a, b, c
bilangan eksponen dan p, q, r pecahan
|
L1
|
2
|
Siswa
dapat merasionalkan penyebut bentuk akar
|
L1
|
|||
|
|
|
3
|
Siswa
dapat menyederhanakan suatu operasi bentuk logaritma menggunakan
sifat-sifatnya
|
L1
|
2
|
Menentukan
nilai variabel pada sistem persamaan linear dua variable dalam masalah
kontekstual
|
Persamaan Kuadrat
|
4
|
Diberikan
permasalahan kontekstual, siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan persamaan linier dua variabel (x misalkan harga sebuah buku tulis dan y adalah harga sebuah pensil)
|
L2
|
3
|
Menentukan
nilai variabel pada persamaan dan fungsi kuadrat
|
Nilai Akar-akar Persamaan Kuadrat
|
5
|
Siswa
dapat menentukan nilai-nilai akar persamaan kuadrat dari persamaan kuadrat
dengan akar-akar tertentu
|
L3
|
4
|
Menyusun Persamaan Kuadrat baru yang diketahui
akar-akar Persamaan Kuadrat yang lain
|
Nilai Akar-akar Persamaan Kuadrat
|
6
|
Disajikan
persamaan kuadrat dengan akar-akar tertentu, siswa dapat menyusun persamaan
kuadrat baru yang diketahui akar-akar yang lain dan
|
L3
|
5
|
Menerapkan
operasi
matriks dalam menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan matriks
|
Kesamaan Matriks
|
7
|
Siswa
dapat menentukan elemen pada kesamaan matriks yang salah satu matriknya ada
transpose
|
L1
|
|
|
Operasi Matriks
|
8
|
Siswa
dapat menentukan hasil perkalian 2 buah matriks dengan ordo berbeda
|
L1
|
|
|
Invers Matriks
|
9
|
Siswa
dapat menentukan invers matriks ordo 2 × 2
|
L1
|
6
|
Menentukan
fungsi kuadrat pada grafik
fungsi kuadrat
|
Fungsi Kuadrat
|
10
|
Siswa dapat menentukan fungsi kuadrat
pada gambar grafik fungsi yang diketahui
|
L3
|
7
|
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
|
Barisan dan deret Aritmetika
|
11
|
Disajikan
permasalahan kontekstual berkaitan
deret aritmatika, siswa dapat menentukan jumlah n suku pertamanya
|
L2
|
|
|
Deret Geometri Tak Hingga
|
12
|
Aplikasi
deret tak hingga
|
L2
|
8
|
Menentukan
nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan
program linear dua variabel
|
Program Linier
|
13
|
Disajikan
soal cerita, siswa dapat menentukan model matematikanya
|
L2
|
|
|
|
14
|
Siswa
dapat menentukan nilai maksimum dari sistem
pertidaksamaan linier yang diberikan
|
L3
|
9
|
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan kajian statistika
|
Penyajian Data
|
15
|
Disajikan
data dalam bentuk diagram batang, siswa dapat mengintepretasikan data
tersebut
|
L3
|
|
|
Ukuran
Pemusatan data tunggal dan data kelompok
|
16
|
Disajikan
data dalam bentuk diagram lingkaran, siswa dapat menentukan besarnya salah
satu dari data tersebut
|
L1
|
|
|
Rata-rata
|
17
|
Diberikan
soal kontekstual, siswa dapat menentukan pernyataan yang tepat berkaitan
dengan masalah rata-rata gabungan
|
L1
|
10
|
Menganalisis ukuran pemusatan data
tunggal dan data kelompok
|
Ukuran Pemusatan Data
|
18
|
Siswa
dapat menentukan median data berkelompok berbentuk diagram batang
|
L3
|
|
|
Penyebaran Data
|
19
|
Siswa
dapat menentukan varians pada data tak berkelompok dengan n≤6
|
L1
|
11
|
Menganalisis
kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi pada masalah kontekstual
|
Kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi
|
20
|
Siswa
dapat menyelesaikan masalah aturan pencacahan (angka tertentu)
|
L3
|
12
|
Menentukan
peluang kejadian
|
Frekuensi Harapan
|
21
|
Siswa
dapat menentukan frekuensi harapan (koin dan dadu)
|
L1
|
13
|
Menentukan
peluang kejadian
|
Peluang kejadian
|
22
|
Siswa dapat menentukan peluang suatu
kejadian saling lepas (kartu bridge)
|
L1
|
14
|
Menetukan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan transformasi geometri
|
Transformasi
|
23
|
Siswa dapat menentukan bayangan titik oleh dilatasi pusat (a, b) skala k dilanjutkan
dengan rotasi tertentu
|
L1
|
15
|
Menerapkan aturan sinus dan kosinus
|
Perbandingan, aturan sinus dan cosinus
|
24
|
Siswa dapat menentukan koordinat
cartesius yang diketahui koordinat kutubnya atau sebaliknya
|
L1
|
16
|
Menentukan luas
segitiga pada trigonometri
|
Luas segitiga
|
25
|
Siswa
dapat menentukan luas segitiga yang diketahui dua panjang sisi segitiga dan
sudut apitnya
|
L1
|
17
|
Menentukan persamaan lingkaran
|
Garis singgung
|
26
|
Siswa dapat menentukan pusat dan
jari-jari persamaan lingkaran dengan bentuk
|
L3
|
18
|
Mengemukakan nilai kebenaran suatu pernyataan
|
Logika Matematika
|
27
|
Siswa dapat menentukan invers atau
kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi
|
L1
|
19
|
Menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan turunan fungsi aljabar
|
Turunan
|
28
|
Siswa dapat menentukan f’(a) dari
fungsi bentuk
|
L1
|
20
|
Menentukan luas permukaan dan volume
benda putar dengan menggunakan integral tertentu
|
Integral
|
29
|
Siswa
dapat menentukan integral tak tentu
|
L3
|
21
|
Mengemukakan nilai kebenaran suatu pernyataanmaj
|
Logika Matematika
|
30
|
Siswa
dapat menentukan invers atau kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi
|
L3
|
22
|
Menentukan nilai kebenaran pernyataan emuk
|
Kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi
|
31
|
Siswa
dapat menentukan kombinasi
|
L1
|
23
|
Menentukan peluang kejadian
|
Frekuensi harapan
|
32
|
Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari berkaitan
dengan frekuensi harapan
|
L3
|
24
|
Menganalisis
kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi pada masalah kontekstual
|
Kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi
|
33
|
Kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi
|
L3
|
25
|
Menganalisis ukuran pemusatan data tunggal dan data
kelompok
|
Statistika
|
34
|
Siswa dapat menerapkan konsep diagram batang dalam
kehidupan sehari hari
|
L3
|
|
|
|
35
|
Siswa dapat menerapkan konsep rata-rata data tunggal
|
L3
|
26
|
Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menyelesaikan masalah
|
Eksponen
|
36
|
Siswa dapat menyederhanakan suatu
operasi bentuk logaritma menggunakan
sifat-sifatnya
|
L1
|
27
|
Menganalisis barisan dan deret aritmetika
|
Barisan dan
Deret Aritmatika
|
37
|
Disajikan
permasalahan kontekstual berkaitan
deret aritmatika, siswa dapat menentukan jumlah n suku pertamanya
|
L2
|
28
|
Mengevaluasi kajian statistika dalam
masalah kontekstual
|
Penyajian Data
|
38
|
Disajikan
data, siswa dapat menentukan salah satu unsur yang belum diketahui dalam
bentuk diagram lingkaran
|
L3
|
29
|
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan
turunan fungsi aljabar
|
Turunan fungsi
|
39
|
Siswa dapat menerapkan turunan fungsi untuk
menyelesaikan masalah sehari hari
|
L3
|
30
|
Menentukan luas permukaan dan volume benda putar
dengan menggunakan integral tertentu
|
Integral
|
40
|
Siswa
dapat menentukan menentukan luas daerah antara dua kurva dan
|
L3
|
Keterangan:
L1: kategori takson C1, C2
L2: kategori takson C3
L3: kategori takson C4, C5
dan C6
0 Komentar